Hotelier Indonesia

Selain Untuk Mengisi Ruang, Karya Seni Juga Dapat Bercerita Tentang Anda dan Membuat Ruangan Lebih Menarik.



Wallart title:

“Dierentuin 5” by Spasium feat. Ika Putranto


Karya seni adalah sebuah elemen pelengkap dalam interior untuk mengisi dinding kosong, yang dapat menyatukan suatu ruangan dan membuatnya tampil lebih lengkap dan elegan. Ketika memilih menggunakan karya seni untuk mengisi dinding, Anda perlu memperhatikan elemen apa yang ingin ditonjolkan di ruangan tersebut, keseluruhan tone warna, dan juga dimensi karya seni yang ada.






Tapi seringkali kegiatan ini sangat menantang. Jangan panik! Berikut adalah beberapa trik yang dapat membantu Anda menemukan karya seni yang akan menyatu dan membuat ruangan Anda tampil lebih harmonis.



Wallart title:

“Cry Of Colours” by Spasium feat. Vindy Ariella


1.Pilihlah karya seni yang Anda suka atau “yang berbicara” dengan Anda

Memilih karya seni untuk rumah sangat berkaitan dengan selera pribadi. Hal ini seperti menceritakan secara sekilas mengenai “karakter jiwa” dan sesuatu yang bercerita tentang Anda, yang digunakan sebagai pelengkap untuk ruangan yang sudah didesain dengan indah. Karena itu sangat penting untuk menempatkan sesuatu yang Anda sukai. Ketika sudah terpasang di rumah, karya seni itu akan Anda lihat setiap harinya.

Bila Anda melihat sebuah karya seni yang Anda rasa perlu dimiliki (apalagi ketika objek dari karya itu sangat berarti untuk Anda), segera miliki! Pada dasarnya, karya seni adalah salah satu cara yang sangat menarik untuk menceritakan sesuatu tentang Anda secara non-verbal. Karya seni dapat bercerita tentang Anda dan membuat ruangan lebih menarik bagi keluarga, teman, dan tamu yang datang.



Wallart title:

“Harmony 6” by Spasium feat. Eko Santoso


2.Pertimbangkan untuk menggunakan karya seni yang memiliki unsur warna dari dekorasi ruang Anda untuk membuatnya tampil sebagai sebuah kesatuan

Ketika memilih karya seni, warna adalah salah satu kunci utama. Pilihlah karya yang memiliki unsur warna ruangan yang paling mencolok. Sebuah karya seni dengan tone warna senada atau saling melengkapi dapat tampil menarik di ruangan ini. Pertimbangkan juga warna dinding, perabotan, bantal, gorden, atau unsur lainnya untuk menentukan warna yang perlu dan sebaiknya ada di karya seni Anda.

Bila Anda memiliki ruang yang penuh dengan warna terang dan cerah pada perabot maupun dekorasinya, Anda dapat menggunakan karya seni sebagai penetral keseluruhan warna. Cobalah menggunakan karya seni kontemporer dengan unsur warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu di ruangan tersebut.

Tidak menutup kemungkinan ketika Anda sedang memilih komposisi warna untuk sebuah ruangan, Anda dapat menggunakan karya seni yang sangat Anda sukai sebagai acuan untuk penentuan warna keseluruhan ruangan tersebut.



Wallart title:

“Un(Done)” by Spasium feat. Ruth Marbun


3.Perhatikan ukuran dari karya seni untuk menciptakan aksentuasi pada ruangan

Ketika memilih karya seni untuk dijadikan aksentuasi ruangan, pastikan ukurannya proporsi dengan dinding yang akan ditempati, dan posisikan karya seni tersebut dengan perabot yang ada di bawahnya supaya tidak terkesan “mengambang” di dinding.

Sebuah karya yang terlalu kecil di dinding akan terkesan tenggelam dan membuat karya tersebut tidak berfungsi. Sebaliknya, karya seni yang terlalu besar akan terkesan berlebihan di sebuah ruangan yang sudah terdesain dengan baik. Karena itu perhatikan dinding yang akan Anda gunakan dan pilihlah ukuran karya seni yang tepat.


“Fade” by Spasium feat. Adi Widiantara


4.Gantung dan tempatkan dengan tepat untuk menciptakan interaksi antara karya seni dengan perabot di ruangan tersebut

Salah satu acuan untuk menggantung karya seni adalah sejajarkan dengan jarak pandang mata (eye level), biasanya pada ketinggian sekitar 1,5 meter. Jangan sampai Anda terlalu mendongak atau menunduk ketika menikmati sebuah karya seni. Bila ditempatkan di ruang makan atau ruang keluarga dimana kebanyakan akan dilihat pada posisi duduk, karya seni sebaiknya digantung lebih pendek. Bila ditempatkan di dapur, karya seni dapat ditempatkan lebih tinggi  atau ditaruh di rak agar dapat dilihat dari posisi berdiri.

Menempatkan karya seni sejajar dengan pandangan mata atau disesuaikan dengan ketinggian yang tepat akan membuat ruangan lebih menyatu dan menarik.



Wallart title:

“Rain” by Spasium feat. Nathania Widya


Karya seni tidak selalu harus menjadi pilihan terakhir ketika Anda mendekorasi suatu ruang. Karya seni menjadi penting ketika ditempatkan dalam sebuah desain interior. Karena ketika digunakan dengan tepat, hiasan dinding dapat menjadi ide awal bagi Anda dalam menentukan dan merencanakan elemen lain dalam ruangan.

Tapi pada akhirnya, seni adalah sesuatu yang sangat personal, pilihlah sesuatu yang Anda rasa tepat dan sangat Anda sukai. Anda tidak perlu harus menguasai seni, yang penting Anda dapat menikmatinya. Karya seni dapat dipelajari seiring berjalannya waktu, demikian halnya dengan minat, pengetahuan, dan pemahaman Anda terhadap seni yang akan bertumbuh dengan sendirinya.


Ditulis oleh:
Jay Adinata
SPASIUM

All images and artworks are courtesy of SPASIUM (www.spasium.com), under licensed of each respective artist.



Tentang SPASIUM

SPASIUM adalah platform online yang dirancang untuk memudahkan kita dalam mencari karya seni yang sesuai untuk kebutuhan memperindah ruangan, terutama untuk mengisi dinding kosong, dimana karya-karya tersebut merupakan karya dari seniman berbakat Indonesia.

Ada berbagai pilihan karya seni yang disediakan, mulai dari lukisan, fotografi, digital painting, ilustrasi, graphic art, maupun drawing. Seluruh karya yang ada di Spasium sudah diseleksi dan Spasium memiliki lisensi dari para seniman yang bergabung, sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai copyright apabila kita membeli dan memajang karya mereka, terutama bila digunakan untuk mengisi area publik seperti hotel.

Seluruh karya juga tersedia dalam format ready-to-hang / siap pasang dalam bentuk canvas maupun frame sesuai selera, dan juga tersedia dalam berbagai ukuran dan media sehingga akan sangat memudahkan dan menghemat waktu kita dalam mencari karya yang sesuai dengan kebutuhan ruang.

www.spasium.com
IG: www.instagram.com/spasium

Axact

Hotelier Indonesia

Hotelier Indonesia magazine covers hotel management companies and every major chain headquarters. We reaches hotel owners, senior management, operators, chef and other staff who influence, designers, architects, all buyers, suppliers for hospitality products or services more than any other hotel publication in the world..

Post A Comment:

0 comments: